Kulit Mempesona Untuk Ke Pesta

Kunci tata rias menawan untuk ke pesta adalah kulit wajah yang halus dan mulus. Berikut langkah-langkah mendapatkan kulit prima sebelum ke pesta.

  • Dimulai dengan membersihkan wajah. Menggunakan facial cleanser merupakan solusi yang nyaman untuk wanita bekerja yang mempunyai waktu terbatas. Sesuaikan cleanser dengan jenis kulit anda.
  • Selanjutnya gunakan masker wajah untuk membantu menjaga kesehatan kulit anda. Produk ini membantu menetralkan racun-racun dan menyegarkan kulit kusam yang terkena polusi dengan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit anda, dan berikan kehidupan baru untuk kulit.
  • Setelah melakukan langkah 1 dan 2 diatas, rawat kulit anda menggunakan krim siang dan jenis pelembap lainnya. Pelembap akan membantu pergantian sel baru dan memperlambat penuaan dini selama siang dan malam hari.

Vitamin A untuk Kerutan Mata

Mata merupakan area yang paling rentan dalam proses penuaan. Hal ini disebabkan kulit di daerah mata sangatl tipis dan halus sehingga rentan kerusakan dini jika tidak dirawat. Penyebab kerutan di mata antara lain paparan sinar ultra violet, polusi, dan stress pun dapat membuat kulit menjadi cepat kendur.

Proses penuaan di sekitar mata terjadi pada dua bagian, yaitu kelopak mata dan daerah bawah mata. Di daerah kelopak mata, kulit yang kendur menyebabkan kulit berlipat dan terlihat tebal di area sudut bawah kelopak mata. Sementara di daerah bawah mata, kantung mata menjadi terlihat lebih besar, warna lebih gelap, dan timbul garis-garis halus.

Vitamin A berguna untuk melawan proses penuaan. Vitamin tersebut adalah vitamin A. Dalam bentuk paling murni dan aktif, vitamin A disebut sebagai Retinol.

Retinol terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen yang sangat penting untuk melawan proses penuaan. Retinol dapat menciptakan kulit yang lebih sehat, kuat dan meningkatkan substansi yang dapat membuat kulit menjadi lebih kencang. Selain itu Retinol juga digunakan untuk memperbaiki kulit yang rusak dari yang kering hingga berjerawat. Perhatikan kandungan bahan pada krim mata anda, pastikan mengandung bahan aktif Retinol.

Retinol dapat meresap dari bagian atas kulit dan memperbaiki hingga ke lapisan paling dalam kulit di mana kolagen dan elastin berada. Hasilnya, kerutan hilang, kulit lebih lembab, elastis, dan tampak muda.

Perhatikan pula cara pemakaian agar hasilnya optimal. Gunakan krim mata pada pagi dan malam hari setelah memakai pembersih dan toner. Pakailah jari manis untuk mengaplikasikan krim di daerah mata. Oleskan tipis-tipis saja di bawah kelopak dan ujung mata.

Waspadai Bahaya Kosmetik!

Kulit Anda memerah, terasa pedih dan gatal setelah memulaskan kosmetik jenis tertentu? Jangan anggap remeh masalah ini.

Sejumlah wanita terpaksa menuai dampak buruk pada kulit berupa noda hitam, sproeten, bahkan kerusakan kulit yang fatal, lantaran lalai merespon gejala aneh akibat pemakaian kosmetik.

Terasa Panas dan Pedih!

Kosmetik yang dijual di pasaran, baik yang berupa kosmetik perawatan maupun riasan yang diijinkan oleh pemerintah, seharusnya aman bagi kulit siapa pun. Tidak boleh menimbulkan peradangan, iritasi atau pun alergi.

Maka bila kosmetik yang Anda beli menghasilkan sensasi rasa seperti itu, segera hentikan pemakaian. Untuk mencegah Anda membeli kosmetik yang tidak tepat , selalu coba oleskan sampel produk di punggung tangan dan tunggulah reaksi yang muncul.

Kecuali, berbagai produk perawatan yang diberikan dokter kulit. Dalam pantauan dokter, produk perawatan kulit biasanya memang didesain untuk menciptakan perubahan lebih nyata. Dokter akan memberitahukan reaksi yang akan terasa, seperti sedikit panas atau pedih.

Menimbulkan Perubahan Warna!

Kulit menjadi kemerahan atau menghitam. Hentikan pemakaian, karena itu mengisyaratkan adanya formula yang bereaksi langsung pada kulit. Perubahan warna yang cepat menandakan kerasnya formula dalam kandungan kosmetik tersebut. Jangan berspekulasi sendiri. Hentikan pemakaian untuk sementara dan segera berkonsultasi dengan dokter.

Menyebabkan Pembengkakan atau Peradangan!

Zat-zat yang terkandung dalam kosmetika yang tidak friendly bisa membuat kulit meradang tak lama setelah kosmetika dipulaskan. Bahkan, pada kasus yang lebih parah, juga disertai pembengkakan. Tak ada satu kosmetik pun yang bisa ditoleransi jika menimbulkan peradangan dan pembengkakan. Jangan berpikir bahwa itu adalah proses dari manfaat kosmetik tersebut.

Membuat Kulit Belang!

Indikasi kosmetik yang tidak cocok dengan kulit Anda, juga bisa terlihat dari bayangan gelap yang tidak merata. Sekilas kulit tampak belang. Beberapa kosmetik yang mengandung zat warna berbahaya, biasanya akan meninggalkan tapak seperti ini

Pori-pori Melebar dan Berkomedo!

Kosmetik tertentu memberikan efek berminyak dengan instan. Pori-pori jadi melebar dan tersumbat oleh komedo. Meski tidak berefek luka pada kulit, namun sebaiknya jangan diteruskan pemakaiannya. Salah-salah, kulit mulus Anda jadi berjerawat.

Hindari zat ini!

Kosmetika berbahaya sebetulnya bisa Anda hindari, bila sebelum membeli, Anda teliti menelaah kandungan zatnya. Inilah zat-zat yang perlu diwaspadai dalam kosmetik. Konsultasikan dengan dokter, jika Anda masih bersikukuh untuk memakainya!

  1. Merkuri
  2. Hydroquinon
  3. Sianida
  4. Hormon
  5. Peroksida Benzoil
  6. Asam Retinoat
  7. Antibiotik
  8. Urea

Dalam takaran perawatan kecantikan medis, Hydroquinon masih diperbolehkan dengan takaran 2%-5%. Tapi benar-benar harus dalam pengawasan dokter. Zat-zat ini berbahaya dalam kosmetik, tidak hanya membawa dampak buruk bagi kulit. Tapi juga membahayakan fungsi ginjal dan beberapa organ tubuh lain.

Perhatikan Juga Kadarluwarsanya!

Produk berusia lawas dan sudah rusak juga bisa memicu bahaya di kulit Anda. pastikan produk kosmetik yang Anda pakai tidak memperlihatkan ciri-ciri ini.

  1. Berubah Warna. Yang seharusnya putih atau krem bersih, menjadi kuning tua bahkan kehitaman atau kehijauan. Buang saja, karena kandungan yang rusak tak akan memberi manfaat apa-apa.
  2. Berbau Tak Sedap. Sama seperti makanan, pada waktu tertentu, kosmetik pun akan membusuk.
  3. Tekstur Yang Berubah. Lotion cair jadi menggumpal, krem jadi mengeras, atau sebaliknya, tekstur padat jadi mencair, Perubahan ini juga menunjukkan indikasi kosmetik Anda sudah rusak.
  4. Lipstik dinodai oleh bintik-bintik warna putih atau hitam. Perubahan ini menandakan rusaknya formula warna. Jangan di pakai lagi!

Solusinya..

  1. Gunakan selalu kosmetik berbahan dasar alami dari tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, bunga-bungaan dimana sekarang sudah banyak tersedia produk kosmetik seperti ini, misal produk oriflame
  2. pastikan produk kosmetik anda tidak diujikan pada hewan
  3. dan tentunya lebih memperhatikan kembali kandungan dan waktu kadarluasa dari kosmetik tersebut yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *