Tips Jerawat: Dicegah Aja …

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Supaya wajah mulus kita nggak diganggu jerawat, ikuti cara-cara mudah ini!

Wajah kotor merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat. Karena itu pastikan kita selalu membersihkan wajah, terutama sebelum tidur.

Gunakan susu pembersih supaya kotoran terangkat, kemudian aplikasikan toner penyegar agar pori-pori yang terbuka kembali mengecil.

Punya poni harus hati-hati

Rambut kotor dan berminyak yang menempel di dahi justru bisa menimbulkan jerawat-jerawat kecil yang sulit dihilangkan.

Jangan lupa bersihkan rambut secara teratur. Kalau rambut sudah terlihat kotor dan belum sempat cuci rambut, jepit saja poni supaya tidak menempel di dahi.

Kurangi pemakaian makeup.

Berikan beberapa hari libur untuk wajah kita bernapas.

Makeup tebal bisa menutup pori-pori dan jika tidak dibersihkan sampai tuntas, kotoran tertinggal bisa jadi bakteri penyebab jerawat.

Untuk aktivitas sehari-hari, pilih makeup berbahan dasar air atau gunakan makeup mineral yang lebih ringan.

Pakai masker pencegah jerawat setidaknya seminggu sekali.

Pilih yang mengandung teh hijau atau jeruk nipis, yang mampu menghilangkan jerawat plus mencerahkan kulit.

Sebelum pakai masker, jangan lupa bersihkan wajah dan gunakan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Ketika Jerawat Menghampiri

Umumnya jerawat muncul pada kulit remaja dan penyebabnya amat beragam. Namun kadang kala pada kulit normal atau kulit dewasa jerawat yang tidak diundang bisa datang menghampiri. Ada beberapa tips yang dapat mengatasi masalah jerawat pada wajah.

  • Lawan keinginan untuk menyentuh jerawat. Justru hal itu akan membuat jerawat makin meradang. Apalagi bila tangan tidak dalam keadaan bersih.
  • Gunakan es batu selama beberapa menit. Selain menyejukkan wajah es juga berguna untuk mengurangi peradangan.
  • Gunakan pembersih wajah yang mengandung salicylic acid yang berguna untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Selanjutnya oleskan tipis-tipis pada jerawat tersebut produk yang mengandung benzoyl peroxide, yang fungsinya membunuh bakteri dan mengeringkan area yang meradang. Tunggu hingga beberapa menit, setelah itu gunakan oil-free concealeruntuk menyamarkan noda jerawat tersebut. Untuk mengaplikasikannya bisa menggunakan jari, namun untuk hasil yang lebih baik dan merata, gunakan kuas kecil yang halus.
  • Dokter spesialis kulit dapat umumnya merawat jerawat yang meradang dalam kurun waktu 24 jam dengan menyuntikkan cortisone yang berfungsi mengecilkan jarawat dengan cepat.
  • Bila jerawat menginggalkan tanda kemerahan, oleskan cortisone cream beberapa kali dalam sehari selama seminggu. Atau minta nasehat dokter spesialis kulit, beliau akan meresepkan produk yang bisa menipiskan bekas kemerahan tersebut.
  • Sebagai pelindung kulit wajah terutama disaat-saat sensitif, jangan lupa untuk selalu menggunakan oil-free suncsreen.Mengenal Jenis Kulit Wajah Anda

Mengenal Jenis Kulit Wajah Anda
Sangat penting bagi Anda untuk mengenali jenis kulit Anda. Hal ini untuk memudahkan anda untuk merawat  kulit Anda dengan benar. Selain itu anda dapat memilih kosmetika yang tepat dan sesuai untuk jenis kulit anda. Meskipun tidak ada dua kulit yang memiliki karakteristik yang sama, namun pada umumnya kulit wajah dapat dikelompokkan ke dalam salah satu jenis berikut: kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi.

Kulit Normal:
Kulit normal adalah kulit yang halus dan lembut untuk disentuh dan tidak tampak  mengkilap. Kulit memiliki warna merah muda karena sirkulasi darah halus dan kulit terlihat sedikit lembab. Pori-pori sangat baik dan hampir tidak dapat dilihat. Jika Anda memiliki jenis kulit ini, itu merupakan suatu keberuntungan. Meskipun jenis kulit ini tidak terlalu merepotkan, namun tetap dibutuhkan sedikit perawatan dan pengobatan ringan. Tentukan produk perawatan kulit Anda dengan teliti dan carilah kosmetik yang lembut.

Kulit Kering:
Kulit kering adalah kulit yang halus, rapuh dan kering dengan berbagai skala di bagian pipi. Di bawah kulit, kulit kurang fleksibel, pori-porinya tidak dapat dilihat dengan jelas karena kekurangan produksi minyak dari kelenjar sebaceous. Kulit kering memiliki kecenderungan untuk penuaan dini dan rawan kerut sewaktu kurang ceria. Perlindungan secara konstan sangat penting dilakukan dan produk yang digunakan haruslah ringan, kaya pelembab dan lembut. Gunakan pelembab secara terus menerus sepanjang hari dan krim yang baik di malam hari.

Kulit berminyak:
Jenis kulit ini sangatlah umum. Kulit berminyak disebabkan karena kelenjar sebaceous yang terlalu aktif, sehingga pori-pori dapat dilihat dengan jelas. Komedo dan gatal-gatal banyak ditemukan di kulit berminyak dan perlu dibersihkan dengan hati-hati. Selalu gunakan kosmetik yang telah disiapkan khusus untuk kulit berminyak, jika tidak, akan timbul banyak masalah baru.

Kulit Kombinasi:
Mayoritas orang memiliki kulit kombinasi. Bagian tengah wajah tampak mengkilap karena pembesaran jaringan dan tekstur yang kasar. Bagian lain dari wajah juga normal atau kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *